Visi Sekolah
Adapun
visi SMPIT Tri Sukses Generus Balikpapan adalah ”Menjadi lembaga unggulan yang mampu mencetak generasi yang
alim, faqih, berakhlakul karimah, mandiri, memeliki rasa nasionalisme tinggi
dan mampu bersaing dalam dunia global “
Misi Sekolah
Pencapaian
visi sekolah di atas dituangkan dalam misi sekolah sebagai berikut.
1.
Mengaplikasikan
nilai-nilai agama sejak usia dini yang berintikan pada Al-Quran dan Al-hadist.
2.
Memakmurkan
masjid sebagai tempat kegiatan ibadah dan pendidikan.
3.
Mengembangkan
sikap kebangsaan dalam kehidupan sehari hari berdasarkan budaya Nasional.
4.
Melaksanakan
proses kegiatan belajar mengajar (KBM) berbasis sains informasi dan tekhnologi.
Strategi Pelaksanaan Pencapaian Visi-Misi
a. Dalam
program peningkatan IMTAQ dan IPTEK strateginya adalah menciptakan kondisi
pembelajaran yang mengarah kepada implementasi IMTAQ dan IPTEK, seperti:
program Integrasi IMTAQ dan IPTEK dalam Proses Pembelajaran di kelas yang
tertuang dalam RPP setiap guru, Peningkatan pembiasaan dan budaya sekolah yang
islami dengan sarana-sarana pendukung yang memadai dan meningkatkan program
mentoring (program pembinaan keagamaan) kepada seluruh murid.
b. Dalam
program bidang akademik, strateginya adalah mengimplementasikan KTSP secara
optimal.menjalin kerja sama dengan mitra sekolah dan mengoptimalkan warga
sekolah dalam menyusun program kerja seperti: silabus, RPP, model-model
penilaian, dan meningkatkan pengolahan nilai dengan Komputerisasi Penilaian
(SPN)
c. Dalam
program bidang non akademis (ekstrakurikuler), strateginya adalah: memilih
kegiatan yang diminati murid, mengadakan pelatihan yang optimal dengan
mendatangkan pelatih yang berkompeten di bidangnya, pembinaan yang berkelanjutan,
bekerja sama dengan komite sekolah (Jam’iyyah) dalam hal-hal tertentu, serta
senantiasa mengikutsertakan murid dalam setiap eveneven perlombaab sebagai
bagian dari praktek hasil pelatihan.
d.
Dalam
program bidang pendukung PBM strategi yang diterapkan adalah meningkatkan
profesionalisme guru dengan mengikutsertakan dalam kegiatan-kegiatan pelatihan,
workshop, seminar, dan sejenisnya. Mendatangkan nativespeaker dan program
pelatihan berbahasa Inggris. Memberdayakan MGMP Lokal atau antar Sekolah di
lingkungan dinas setempat.. Memberdayakan fungsi BK secara optimal. Memaksimalkan
penggunaan fasilitas yang tersedia. Meningkatkan mutu guru, murid dan sarana
pendukung untuk Billingual Class Program. Mengadakan sarana pendukung
lainnya untuk menunjang kegiatan Belajar Mengajar.
e.
Dalam
program pendukung manajemen berbasis sekolah, strategi yang diterapkan
meliputi: Optimalisasi dukungan masyarakat (orang tua Murid) dalam kegiatan
akademik dan non akademik. Pelaksanaan supervisi staff dan guru. secara
intensif. Mengikutsertakan staf dan guru dalam kegiatan pelatihan sesuai
bidangnya. Optimalisasi media pembelajaran. Islamisasi lingkungan.
Tujuan Sekolah
Tujuan
pendidikan nasional tertuang dalam sistem pendidikan nasional UU No. 20 tahun
2003 Bab II Pasal 3, yaitu: Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Secara umum tujuan dari SMPIT Tri Sukses Generus Balikpapan
adalah untuk menciptakan suasana belajar yang edukatif
dan berakhlakul karimah berbasis pondok pesantren, sehingga memberikan kenyamanan dan ketertiban serta dapat mengembangkan kemampuan
belajar anak, juga dapat meningkatkan kreativitas dan mentalitas anak yang
profesional religius di masa yang akan
datang, dan kelayakan kesejahteraan bagi para pendidik.
Namun
berdasarkan visi dan misi sekolah, tujuan yang
hendak dicapai adalah sebagai berikut.
a. Terpenuhinya
dalam turut serta membantu program pemerintah dibidang pendidikan guna
tercapainnya tujuan pendidikan nasional untuk mencerdaskan anak bangsa.
b. Terciptanya
dan terbangunnya motivasi para pedidik dalam melakukan kegiatan belajar bagi
anak didik agar tumbuh pengetahuan, kreativitas, bakat kemampuan, mentalitas
anak dan menjunjung tinggi nila-nilai moral akhalakul karimah.
c. Memersiapkan
peserta didik yang alim fakih/faham agama dan cerdas, berakhlakul karimah
dengan dasar keimanan dan ketaqwaan SWT memiliki skill/kemandirian, tanggap
terhadap kemajuan IPTEK, matang dalam berfikir, matang dalam emosional dan
bertindak.
d. Terlaksananya
proses Kegiatan Belajar Mengajar secara efektif dan efisien sehingga diperoleh
hasil (out put) yang sangat memuaskan.
e. Tersedianya
sarana dan prasarana Kegiatan Belajar Mengajar yang memadai sehingga memiliki daya
dukung yang optimal terhadap terlaksananya kegiatan belajar mengajar yang
efektif dan efisien.
f. Tersedianya
tenaga pendidik dan kependidikan yang memenuhi standar yang ditetapkan, sebagai
pendukung terciptanya Kegiatan Belajar Mengajar yang efektif, efisien, dan
hasil yang optimal.
g. Terlaksananya
Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dari masing-masing komponen sekolah (kepala
sekolah, guru, karyawan, dan siswa).
h. Terlaksananya
tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional sekolah, baik para
pegawai maupun siswa.
i. Terwujudnya sumber
daya manusia (SDM) di SMPIT Tri Sukses Generus Balikpapan bagi guru, karyawan,
dan siswa yang mampu memenangkan kompetisi di era global.
Selanjutnya
berdasarkan tujuan Pendidikan Menengah dan Dasar yang tertuang dalam PP No. 19
Tentang Standar Nasional Pendidikan (Pasal 26 ayat 3), yaitu: PP No. 19 sebagai
dasar implementasi untuk tujuan secara khusus, maka perumusan tujuan secara khusus
di SMPIT Tri Sukses Generus Balikpapan adalah
sebagai berikut:
1.
Sasaran
bidang IMTAQ dan IPTEK:
a. Pencapaian kegiatan yang
mengarah pada kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, kinestetik, dan
estetika, secara rutin dan teratur, meliputi semua aktivitas di sekolah,
seperti: KBM yang penuh kedisiplinan, kegiatan keagamaan, sosial
kemasyarakatan, dan ekstra kurikuler.
b. Mewujudkan sekolah yang
kondusif dalam pelaksanaan dan pengembangan IMTAQ dan IPTEK.
c. Pencapaian pembiasaan
diri yang berakhlakul karimah dengan wujud nyata dalam berkomunikasi dan
bersikap di sekolah maupun di rumah.
d. Mewujudkan cakrawala
pengetahuan dengan tingkat penggunaan IT yang efektif dan efesien.
e. Menghasilkan murid yang
mam pu mengembangkan diri dalam penerapan Ilmu dan Teknologi terapan.
2.
Sasaran
bidang akademik, meliputi:
a. Mencapai
nilai ketuntasan 100 % dari masing-masing bidang studi.
b. Mencapai target
kelulusan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah 100 %
c. Memperoleh Nilai Ujian
Nasional dan Ujian Sekolah dengan angka 10,00 (lebih dari 5%)
d. Menghasilkan nilai UN
dan UAS untuk Tahun Ajaran 2019/2020 dengan angka capaian rata-rata 7.50.
e. Menghasilkan rata-rata
nilai rata-rata kelas pada Ulangan Umum Bersama (Ujian Kenaikan Kelas) dari
7.00
f. Mengembangkan
kemampuan berbahasa Inggris (lisan maupun tulisan) dalam komunikasi
pembelajaran di sekolah dalam bentuk pengajaran klasikal dan berupaya menghadirkan
native speaker,
g. Mengembangkan wawasan
akademik dengan mengikuti program kerjasama di bidang sains, budaya dan
lingkungan.
h. Mencapai kejuaraan pada
lomba-lomba tingkat Kecamatan, Kota, Provinsi dan Nasional
3.
Sasaran
bidang non akademis, meliputi:
a. Mengikuti dan
menghasilkan juara lomba ekstrakulikuler Tahfidzul Quran, Pencaksilat, MTI
(Media Of Teaching Islam), Pramuka, KIR (Karya Ilmiah Remaja), English Club dan
Jurnalistik.
b. Menghasilkan juara OSN
tingkat kota sampai tingkat nasional.
c. Mengahasilkan sekolah
yang menjadi sekolah percontohan untuk kategori 7K.
d. Menghasilkan murid yang
mampu menerapkan ajaran agama dengan benar.
e. Menghasilkan murid yang
peduli terhadap lingkungan dengan menerapkan metode 3R (Reduse, Reduse,
Recycle)..
4.
Sasaran
bidang pendukung PBM (Proses Belajar Mengajar), meliputi:
a. Menghasilkan guru-guru
mata pelajaran yang dapat mengembangan KTSP dengan berbagai metode dan strategi
pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.
b. Menghasilkan kualifikasi
guru yang menguasai KTSP, bersertifikasi dan professional.
c. Menghasilkan guru-guru
yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran dengan pemanfaatan IT.
d. Menghasilkan guru yang
memiliki sertifikasi pendidik.
e. Pencapaian dalam
memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana yang ada.
f. Pencapaian
kemampuan guru dalam berbahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya untuk menunjang
program billingual.
g. Menghasilkan Tenaga
Pendidik dan Tenaga kependidikan sarjana (S1 dan S2) sesuai dengan kualifikasi
akademik.
5.
Sasaran
ke-5 Pendukung Manajemen Berbasis Sekolah, meliputi:
a. Tercapainya staf tata
usaha, staf urusan, janitor dan personil lainnya yang berada di lingkungan SMPI
Al Azhar 9 Bekasi memiliki perangkat program kerja yang jelas, efektif, dan
efesien.
b. Menghasilkan perangkat
media belajar yang lengkap, modern dan representatif.
c. Sekolah menjadi tempat
yang aman dan nyaman bagi seluruh civitas akademika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar