Rabu, 21 Februari 2018

VISI DAN MISI SMPIT TRI SUKSES GENERUS



Visi Sekolah
Adapun visi SMPIT Tri Sukses Generus Balikpapan adalah Menjadi lembaga unggulan yang mampu mencetak generasi yang alim, faqih, berakhlakul karimah, mandiri, memeliki rasa nasionalisme tinggi dan mampu bersaing dalam dunia global “

Misi Sekolah
Pencapaian visi sekolah di atas dituangkan dalam misi sekolah sebagai berikut.
1.      Mengaplikasikan nilai-nilai agama sejak usia dini yang berintikan pada Al-Quran dan Al-hadist.
2.      Memakmurkan masjid sebagai tempat kegiatan ibadah dan pendidikan.
3.      Mengembangkan sikap kebangsaan dalam kehidupan sehari hari berdasarkan budaya Nasional.
4.      Melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) berbasis sains informasi dan tekhnologi.
5.      Mengembangkan sistem belajar melalui bekerja integrasi nilai-nilai kehidupan beragama.

Strategi Pelaksanaan Pencapaian Visi-Misi
a.   Dalam program peningkatan IMTAQ dan IPTEK strateginya adalah menciptakan kondisi pembelajaran yang mengarah kepada implementasi IMTAQ dan IPTEK, seperti: program Integrasi IMTAQ dan IPTEK dalam Proses Pembelajaran di kelas yang tertuang dalam RPP setiap guru, Peningkatan pembiasaan dan budaya sekolah yang islami dengan sarana-sarana pendukung yang memadai dan meningkatkan program mentoring (program pembinaan keagamaan) kepada seluruh murid.
b.   Dalam program bidang akademik, strateginya adalah mengimplementasikan KTSP secara optimal.menjalin kerja sama dengan mitra sekolah dan mengoptimalkan warga sekolah dalam menyusun program kerja seperti: silabus, RPP, model-model penilaian, dan meningkatkan pengolahan nilai dengan Komputerisasi Penilaian (SPN)
c.    Dalam program bidang non akademis (ekstrakurikuler), strateginya adalah: memilih kegiatan yang diminati murid, mengadakan pelatihan yang optimal dengan mendatangkan pelatih yang berkompeten di bidangnya, pembinaan yang berkelanjutan, bekerja sama dengan komite sekolah (Jam’iyyah) dalam hal-hal tertentu, serta senantiasa mengikutsertakan murid dalam setiap eveneven perlombaab sebagai bagian dari praktek hasil pelatihan.
d.      Dalam program bidang pendukung PBM strategi yang diterapkan adalah meningkatkan profesionalisme guru dengan mengikutsertakan dalam kegiatan-kegiatan pelatihan, workshop, seminar, dan sejenisnya. Mendatangkan nativespeaker dan program pelatihan berbahasa Inggris. Memberdayakan MGMP Lokal atau antar Sekolah di lingkungan dinas setempat.. Memberdayakan fungsi BK secara optimal. Memaksimalkan penggunaan fasilitas yang tersedia. Meningkatkan mutu guru, murid dan sarana pendukung untuk Billingual Class Program. Mengadakan sarana pendukung lainnya untuk menunjang kegiatan Belajar Mengajar.
e.       Dalam program pendukung manajemen berbasis sekolah, strategi yang diterapkan meliputi: Optimalisasi dukungan masyarakat (orang tua Murid) dalam kegiatan akademik dan non akademik. Pelaksanaan supervisi staff dan guru. secara intensif. Mengikutsertakan staf dan guru dalam kegiatan pelatihan sesuai bidangnya. Optimalisasi media pembelajaran. Islamisasi lingkungan.


Tujuan Sekolah
Tujuan pendidikan nasional tertuang dalam sistem pendidikan nasional UU No. 20 tahun 2003 Bab II Pasal 3, yaitu: Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Secara umum tujuan dari SMPIT Tri Sukses Generus Balikpapan adalah untuk menciptakan suasana belajar yang edukatif dan berakhlakul karimah berbasis pondok pesantren, sehingga memberikan kenyamanan dan ketertiban serta dapat mengembangkan kemampuan belajar anak, juga dapat meningkatkan kreativitas dan mentalitas anak yang profesional religius di masa yang akan datang, dan kelayakan kesejahteraan bagi para pendidik.
Namun berdasarkan visi dan misi sekolah, tujuan yang hendak dicapai adalah sebagai berikut.
a.    Terpenuhinya dalam turut serta membantu program pemerintah dibidang pendidikan guna tercapainnya tujuan pendidikan nasional untuk mencerdaskan anak bangsa.
b.     Terciptanya dan terbangunnya motivasi para pedidik dalam melakukan kegiatan belajar bagi anak didik agar tumbuh pengetahuan, kreativitas, bakat kemampuan, mentalitas anak dan menjunjung tinggi nila-nilai moral akhalakul karimah.
c.      Memersiapkan peserta didik yang alim fakih/faham agama dan cerdas, berakhlakul karimah dengan dasar keimanan dan ketaqwaan SWT memiliki skill/kemandirian, tanggap terhadap kemajuan IPTEK, matang dalam berfikir, matang dalam emosional dan bertindak.
d.    Terlaksananya proses Kegiatan Belajar Mengajar secara efektif dan efisien sehingga diperoleh hasil (out put) yang sangat memuaskan.
e.     Tersedianya sarana dan prasarana Kegiatan Belajar Mengajar yang memadai sehingga memiliki daya dukung yang optimal terhadap terlaksananya kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.
f.      Tersedianya tenaga pendidik dan kependidikan yang memenuhi standar yang ditetapkan, sebagai pendukung terciptanya Kegiatan Belajar Mengajar yang efektif, efisien, dan hasil yang optimal.
g.     Terlaksananya Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dari masing-masing komponen sekolah (kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa).
h.     Terlaksananya tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional sekolah, baik para pegawai maupun siswa.
i.       Terwujudnya sumber daya manusia (SDM) di SMPIT Tri Sukses Generus Balikpapan bagi guru, karyawan, dan siswa yang mampu memenangkan kompetisi di era global.


Selanjutnya berdasarkan tujuan Pendidikan Menengah dan Dasar yang tertuang dalam PP No. 19 Tentang Standar Nasional Pendidikan (Pasal 26 ayat 3), yaitu: PP No. 19 sebagai dasar implementasi untuk tujuan secara khusus, maka perumusan tujuan secara khusus di SMPIT Tri Sukses Generus Balikpapan adalah sebagai berikut:
1.      Sasaran bidang IMTAQ dan IPTEK:
a.      Pencapaian kegiatan yang mengarah pada kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, kinestetik, dan estetika, secara rutin dan teratur, meliputi semua aktivitas di sekolah, seperti: KBM yang penuh kedisiplinan, kegiatan keagamaan, sosial kemasyarakatan, dan ekstra kurikuler.
b.     Mewujudkan sekolah yang kondusif dalam pelaksanaan dan pengembangan IMTAQ dan IPTEK.
c.      Pencapaian pembiasaan diri yang berakhlakul karimah dengan wujud nyata dalam berkomunikasi dan bersikap di sekolah maupun di rumah.
d.     Mewujudkan cakrawala pengetahuan dengan tingkat penggunaan IT yang efektif dan efesien.
e.      Menghasilkan murid yang mam pu mengembangkan diri dalam penerapan Ilmu dan Teknologi terapan.
2.      Sasaran bidang akademik, meliputi:
a.      Mencapai nilai ketuntasan 100 % dari masing-masing bidang studi.
b.     Mencapai target kelulusan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah 100 %
c.      Memperoleh Nilai Ujian Nasional dan Ujian Sekolah dengan angka 10,00 (lebih dari 5%)
d.     Menghasilkan nilai UN dan UAS untuk Tahun Ajaran 2019/2020 dengan angka capaian rata-rata 7.50.
e.      Menghasilkan rata-rata nilai rata-rata kelas pada Ulangan Umum Bersama (Ujian Kenaikan Kelas) dari 7.00
f.       Mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris (lisan maupun tulisan) dalam komunikasi pembelajaran di sekolah dalam bentuk pengajaran klasikal dan berupaya menghadirkan native speaker,
g.      Mengembangkan wawasan akademik dengan mengikuti program kerjasama di bidang sains, budaya dan lingkungan.
h.     Mencapai kejuaraan pada lomba-lomba tingkat Kecamatan, Kota, Provinsi dan Nasional
3.      Sasaran bidang non akademis, meliputi:
a.      Mengikuti dan menghasilkan juara lomba ekstrakulikuler Tahfidzul Quran, Pencaksilat, MTI (Media Of Teaching Islam), Pramuka, KIR (Karya Ilmiah Remaja), English Club dan Jurnalistik.
b.      Menghasilkan juara OSN tingkat kota sampai tingkat nasional.
c.       Mengahasilkan sekolah yang menjadi sekolah percontohan untuk kategori 7K.
d.      Menghasilkan murid yang mampu menerapkan ajaran agama dengan benar.
e.       Menghasilkan murid yang peduli terhadap lingkungan dengan menerapkan metode 3R (Reduse, Reduse, Recycle)..
4.      Sasaran bidang pendukung PBM (Proses Belajar Mengajar), meliputi:
a.     Menghasilkan guru-guru mata pelajaran yang dapat mengembangan KTSP dengan berbagai metode dan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.
b.     Menghasilkan kualifikasi guru yang menguasai KTSP, bersertifikasi dan professional.
c.      Menghasilkan guru-guru yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran dengan pemanfaatan IT.
d.     Menghasilkan guru yang memiliki sertifikasi pendidik.
e.      Pencapaian dalam memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana yang ada.
f.       Pencapaian kemampuan guru dalam berbahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya untuk menunjang program billingual.
g.      Menghasilkan Tenaga Pendidik dan Tenaga kependidikan sarjana (S1 dan S2) sesuai dengan kualifikasi akademik.
5.      Sasaran ke-5 Pendukung Manajemen Berbasis Sekolah, meliputi:
a.     Tercapainya staf tata usaha, staf urusan, janitor dan personil lainnya yang berada di lingkungan SMPI Al Azhar 9 Bekasi memiliki perangkat program kerja yang jelas, efektif, dan efesien.
b.     Menghasilkan perangkat media belajar yang lengkap, modern dan representatif.
c.      Sekolah menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi seluruh civitas akademika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar